Mengenal Windows Azure SQL Database

Penulis FN. Santika

Saat ini telah berkembang sebuah teknologi yang dikenal dengan ‘Cloud Computing’ atau juga dikenal dengan nama teknologi Komputasi Awan. Tujuan adanya Komputasi Awan ini sebenarnya adalah memindahkan sumber daya-sumber daya yang mendukung dan menjalankan layanan perangkat lunak (Software as a Service, SaaS), layanan Platform (Platform as a Service, PaaS), dan layanan infrastruktur (Infrastructure as a Service, IaaS) kepada pihak lain atau pada lokasi lain.

Windows Azure adalah nama produk dari layanan Komputasi Awan yang dimiliki oleh Microsoft. Dengan menggunakan produk Windows Azure berarti pengguna telah memiliki kesempatan untuk meletakkan data-data serta kode-kode di pusat data milik Microsoft dan ‘membayar’ pihak Microsoft untuk mengelola layanan yang Anda gunakan agar dapat diakses terus dan berlangsung dengan baik sehingga solusi yang Anda gunakan untuk aktivitas bisnis berjalan tanpa hambatan.

Nah, apa saja produk-produk Windows Azure?

Coba lihat gambar berikut.

Salah satu produk Windows Azure adalah Windows Azure SQL Database. Windows Azure SQL Database adalah sebuah layanan penyimpanan basis data berelasi yang menerapkan konsep Komputasi Awan yang disediakan oleh Microsoft dalam salah satu fitur yang terdapat dalam platform Windows Azure.

Kini data-data penting Anda dapat di‘titipkan’ pada pusat data milik Microsoft menggunakan produk Windows Azure SQL Database. Pihak Microsoft akan menjaga ketersediaan akses dan kontinuitas keberadaannya, melakukan perawatan terhadap kondisi server seperti pembaruan patch, lisensi SQL Server, dan perangkat pen-dukung lainnya.

Pekerjaan-pekerjaan administratif terhadap sistem pusat data milik pelanggan menjadi sangat berkurang, seperti melakukan setup server database, perawatan dan keamanan. Dan dengan Microsoft Windows Azure SQL Database, tentunya sudah satu paket untuk mendapatkan dukungan reliability, high availability, dan scalability terhadap server database tersebut dari Microsoft. Pelanggan akhirnya dapat lebih fokus pada bisnisnya.

Windows Azure SQL Database menawarkan sebuah solusi manajebilitas pusat data berskala enterprise tanpa disertai pekerjaan tambahan dalam hal pengurusan administratif pengelolaan dari sebuah instance SQL Server, seperti yang terjadi pada pembentukan instance SQL Server pada on-premise. Dengan adanya kesamaan pengurusan administratif untuk instance di SQL Server, seperti pengaturan policy, pengaturan pengguna, pengaturan index, pembuatan tabel dan objek lain, seperti Store Procedure atau User Defined Function, semua dapat dilakukan di SQL Azure tanpa perlu memiliki pengetahuan tambahan yang berbeda, dan semua dapat dilakukan secara mandiri. Sedangkan pengaturan tempat penyimpanan, hard drives, server, ketersediaan power supply, ruang server, seperti yang dilakukan di on-premise tidak perlu lagi menjadi sebuah kegiatan administratif pada saat menggunakan Windows Azure SQL Database.

Salah satu kemampuan yang ditawarkan oleh Windows Azure SQL Database adalah skalabilitas yang sangat lentur. Pengguna layanan Windows Azure SQL Database dapat memilih sendiri berapa besar tempat penyimpanan data yang akan digunakan. Dengan model pembayaran Pay as you grow, tentunya akan memudahkan peng-guna hanya membayar sesuai dengan penggunaan besaran tempat penyimpanannya saja.

Hmm, apakah Anda tertarik dengan Windows Azure SQL Database?

Sumber:

Buku: Panduan Praktis Microsoft Windows Azure SQL Database

Penulis: Suherman STP, MCTS, MVP

Penerbit: Elex Media Komputindo, 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s